Pastikan Daging Kurban Aman Dikonsumsi, Pemkab Bogor Siap Awasi 1.347 Lokasi Pemotongan

Jumat, 08 Juli 2022 – 21:05 WIB
Pastikan Daging Kurban Aman Dikonsumsi, Pemkab Bogor Siap Awasi 1.347 Lokasi Pemotongan - JPNN.com Jabar
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan (tengah). Foto : Diskominfo Kabupaten Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Jelang Hari Raya Iduladha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkolaborasi dengan IPB University melakukan pengecekan hewan kurban yang ada di Kabupaten Bogor demi menjanin kesehatannya.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menerjunkan 100 mahasiswa surveillance untuk disebar di seluruh wilayah Kabupeten Bogor.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menerangkan, pelaksanaan kurban tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab pada saat ini pelaksanaan Iduladha diwarnai wabah PMK.

Pemerintah Kabupaten Bogor telah membentuk tim pengamanan kurban dan daging kurban yang terdiri dari 76 petugas medis veteriner, paramedis veteriner Dinas Perikanan Dan Peternakan, 81 pegawai Dinas Perikanan Dan Peternakan, 100 mahasiswa sekolah kedokteran hewan dan biomedis, 14 orang bedah Provinsi Jawa Barat, dan 10 orang relawan.

“Para pemeriksa hewan kurban dari IPB University ini memberikan jawaban dan harapan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat, sebagai garansi bahwa daging kurban aman dan boleh untuk dikonsumsi," tuturnya.

Selain itu para pedagang hewan kurban juga boleh berdagang dengan syarat sudah diperiksa kesehatannya dan terbebas dari PMK sehingga bisa menjual dagangannya dengan aman.

Pemkab Bogor juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan PMK, seperti telah mendidik kader penanganan hewan kurban bekerja sama dengan MUI kecamatan dengan target peserta 100 orang yang berasal dari DKM di lima wilayah kecamatan, yaitu Sukaraja, Jonggol, Ciampea, Nanggung, dan Cigudeg. 

“Melalui kerjasama ini mudah-mudahan bisa memberikan pengaruh yang luas ke seluruh wilayah Kabupaten Bogor, untuk bersama-sama turun ke lapangan memeriksa dan memberikan kenyamanan pada masyarakat tentang hewan kurban ini,” tuturnya.

Jelang Hari Raya Iduladha Pemkab Bogor berkolaborasi dengan IPB University bakal melakukan pengecekan hewan kurban yang ada di Kabupaten Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News