Waspada! BPBD Ingatkan Ancaman Gelombang Tinggi di Pesisir Pantai Selatan Cianjur

Senin, 04 Juli 2022 – 22:00 WIB
Waspada! BPBD Ingatkan Ancaman Gelombang Tinggi di Pesisir Pantai Selatan Cianjur - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gelombang tinggi. FOTO: ANTARA/Sumarwoto

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur meminta nelayan untuk tidak melaut dalam beberapa hari kedepan.

Pasalnya, berdasarkan data yang dimiliki BPBD Cianjur gelombang laut di pesisir selatan Cianjur diperkirakan akan mencapai enam meter berdasarkan surat edaran BMKG, sehingga dapat mengancam keselamatan.

Sekertaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, selain himbauan untuk para nelayan. BPBD juga mengimbau kepada seluruh wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas berenang di pantai selatan Cianjur.

"Tidak hanya nelayan karena saat ini sedang libur sekolah, kami imbau juga wisatawan untuk tidak mendekati dan berenang di pantai karena gelombang tinggi dapat terjadi setiap saat," kata Rudi di Cianjur, Senin (4/7).

Rudi menuturkan, berdasarkan hasil pemantauan BPBD Cianjur di sejumlah titik pantai, hingga Senin petang belum terlihat gelombang tinggi.

Namun, kata Rudi, sebagai antisipasi sudah dilakukan koordinasi dengan sukarelawan dan aparat setempat serta sebagian kecil nelayan mendaratkan perahunya.

"Meski belum terjadi gelombang tinggi, kami tetap mengimbau warga untuk tetap waspada dan ekstra hati-hati saat beraktifitas di pinggir pantai. Laporan relawan menyebutkan aktifitas nelayan masih terlihat namun hanya mencari ikan di pinggir pantai," kata Rudi.

Rudi menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan akibat gelombang tinggi.

Waspada gelombang Tinggi, BPBD Cianjur mengimbau nelayan untuk tidak melaut hingga beberapa hari kedepan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News