Pemprov Jabar Vaksin PMK 2.000 Hewan Ternak

Senin, 20 Juni 2022 – 19:20 WIB
Pemprov Jabar Vaksin PMK 2.000 Hewan Ternak - JPNN.com Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6). Foto: Humas Pemprov Jabar.

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan vaksinasi perdana bagi hewan ternak untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Vaksinasi kali ini diberikan kepada 2.000 ekor sapi perah yang ditargetkan rampung dalam satu pekan.

“Kepada masyarakat Jawa Barat tetap tenang ya dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) karena penyakit ini sedang kami tangani dengan baik,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6).

Ridwan Kamil menuturkan, pemberian vaksinasi PMK ini diprioritaskan bagi sapi perah. Adapun, jumlah sapi perah di Jabar sejumlah 76.000 ekor.

“Jika ada satu sapi terkena penyakit PMK, maka produksi susunya bisa turun hingga 80%, jadi sangat mempengaruhi suplai susu di Jabar yang kita butuhkan sehari-hari,” tuturnya.

Menurut pria yang karib disapa Emil itu, di Jabar ada lima sentra sapi yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Kuningan, dan Sumedang.

Pemberian vaksin ini, kata Emil, merupakan upayanya dalam penanganan PMK yang belakangan merebak di wilayahnya.

“Persis diperlakukan seperti kepada manusia yang sakit dikasih obat, maka dari itu 40% dari yang terpapar itu sudah sembuh,” jelasnya.

Pemprov Jabar memberikan vaksinasi PMK kepada 2.000 ekor sapi perah di wilayah Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News