Menilik Makam Ki Marhaen, Inspirator Soekarno yang Luput dari Perhatian Pemerintah

Rabu, 01 Juni 2022 – 17:15 WIB
Menilik Makam Ki Marhaen, Inspirator Soekarno yang Luput dari Perhatian Pemerintah - JPNN.com Jabar
Suasana di dalam bangunan makam Ki Marhaen yang ada di Kampung Cipagalo, Jalan Batununggal RT 04/03, Kelurahan Mengger, Bandung Kidul, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Setiap tanggal 1 Juni masyarakat seluruh Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Berbagai cara pun dilakukan dalam merayakan hari kelahiran pedoman bangsa Indonesia itu.

Salah satunya dengan mengunjungi makam Ki Marhaen yang ada di Kota Bandung. Ki Marhaen atau Marhaen adalah sosok petani yang ditemui Presiden Soekarno di wilayah Bandung Selatan saat masa penjajahan Belanda dulu.

Marhaen terlupakan. Mungkin itu yang bisa menggambarkan bagaimana kondisi makam Marhaen yang seolah luput dari perhatian pemerintah.

JPNN.com sempat mengunjungi makam Ki Marhaen yang berlokasi di Kampung Cipagalo, Jalan Batununggal RT 04/03, Kelurahan Mengger, Bandung Kidul, Kota Bandung.

Lokasinya cukup terpencil karena berada di tengah-tengah permukiman padat. Masyarakat yang ingin mengunjungi, sepertinya harus menggunakan peta digital untuk menemukan lokasi makam.

Sebab, tidak ada papan atau plang yang mengarahkan pengunjung ke lokasi makam Ki Marhaen. Patokannya hanya Gang Marhaen, yang menjadi pintu masuk menuju makam.

Bangunan makam Marhaen berukuran sekitar 3x4 meter persegi yang bersembunyi di daerah pinggir permukiman masyarakat.

Bercat krem, bangunan itu berlantai keramik putih. Tampak seperti bangunan baru di antara bangunan lain yang ada di sekitarnya.

Mengunjungi tempat bersejarah makam Ki Marhaen. Sosok petani yang menjadi inspirasi pemikiran Presiden Soekarno pada masa penjajahan di wilayah selatan Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News