Kali Pesanggrahan Tercemar Longsoran Sampah Dari TPA Cipayung

Senin, 30 Mei 2022 – 19:55 WIB
Kali Pesanggrahan Tercemar Longsoran Sampah Dari TPA Cipayung - JPNN.com Jabar
Kepala Bappeda Kota Depok Dadang Wihana, saat melakukan pengecekan di TPA Cipayung. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Kali Pesanggrahan tercemar longsoran sampah yang berasal dari tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung Kota Depok.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Dadang Wihana mengungkapkan, hingga kini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengenai hal tersebut.

Dadang menjelaskan Pemprov Jabar akan memberikan bantuan untuk sewa alat berat guna perataan longsoran sampah yang terjadi di TPA Cipayung.

"Selain DLHK Kota Depok, Pemprov Jabar juga memberikan bantuan sewa alat berat untuk perataan sampah di beberapa lokasi longsor,” katanya, Senin (30/5).

Pihaknya juga berkordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) PUPR untuk penanganan Kali Pesanggrahan.

"Karena penanganan kali itu harus dari hulu ke hilir, makannya kami sedang berkoordinasi dahulu. Kami masih belum ada langkah konkret, karena kami harus susun semuanya dahulu," ujarnya.

Dadang mengatakan sebenarnya rapat koordinasi sudah dilakukan sejak Oktober tahun lalu, tetapi hingga kini belum ada langkah yang dilakukan.

Warga sekitar, Ali mengatakan, longsoran sampah dari TPA Cipayung berjatuhan ke Kali Pesanggrahan di Wilayah Pasir putih.

Longsoran sampah dari TPA Cipayung jatuh ke Kali Pesanggrahan, hal ini membuat warga di Kelurahan Pasir Putih kerap kali kebanjiran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News