5 Desa di Bekasi Jadi Contoh Program Desa Presisi, Ini Daftarnya

Kamis, 19 Mei 2022 – 22:35 WIB
5 Desa di Bekasi Jadi Contoh Program Desa Presisi, Ini Daftarnya - JPNN.com Jabar
Potret aktivitas masyarakat di kawasan perdesaan. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BEKASI - Sebanyak lima desa di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, dijadikan lokasi percontohan program data 'Desa Presisi' secara nasional oleh pemerintah pusat.

"Implementasi program ini menjadi yang pertama di Indonesia. Kelima desa itu antara lain Desa Pantai Harapan Jaya, Pantai Mekar, Pantai Sederhana, Pantai Bahagia, dan Desa Jayasakti," kata Camat Muaragembong Lukman Hakim, Kamis (19/5).

Lukman mengatakan tujuan program ini adalah sebagai upaya menentukan ketepatan perencanaan dan implementasi pengembangan desa. Desa Presisi menjadi strategis untuk dipakai ke sejumlah sektor.

"Data Desa Presisi ini nantinya menjadi sangat strategis dalam berbagai sektor guna mendapatkan big data yang valid dan akurat. Sebagai contoh bisa sebagai bahan perencanaan pembangunan yang komprehensif, terarah, dan tuntas," ucapnya.

Desa Presisi merupakan proyek kerja sama Kementerian Dalam Negeri dengan peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan metode pengambilan data yang dilakukan sejak April-Juli 2022, untuk memberikan gambaran kondisi aktual desa yang sesungguhnya.

Data yang diambil kemudian divalidasi dan diverifikasi oleh pemerintah desa, perangkat desa, hingga masyarakat desa, dibantu Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mengatakan kebutuhan informasi statistik memiliki nilai penting dalam proses percepatan pembangunan, sehingga berdampak pada pengembangan big data desa di Kabupaten Bekasi.

"Muaragembong dipercaya sebagai lokus kegiatan data desa presisi, dan dalam era otonomi daerah sekarang perlu miliki informasi statistik yang aktual dan sangat penting untuk proses percepatan pembangunan daerah maupun Nasional ke depan," katanya.

Sebanyak lima desa di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, dijadikan lokasi percontohan program Desa Presisi secara nasional oleh pemerintah pusat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News