Gegara Aturan Baru, 269 Calhaj Asal Bogor Batal Berangkat Haji Tahun Ini

Rabu, 18 Mei 2022 – 22:55 WIB
Gegara Aturan Baru, 269 Calhaj Asal Bogor Batal Berangkat Haji Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Jemaah haji Indonesia.Ilustrasi Foto: Dok. JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Sebanyak 269 calon jemaah haji (Calhaj) lansia asal Kabupaten Bogor, batal berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini, karena terbentur aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

"Dari kuota 1.570 calon jemaah haji, yang terkena batasan usia di atas 65 tahun ada 269 jemaah," kata Kasie Haji Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Muslimin, Rabu (18/5).

Setelah dua tahun melakukan pembatasan jemaah haji akibat pandemi Covid-19, kini pemerintah Arab Saudi menetapkan kriteria calon jemaah haji yang boleh ke Kota Mekah, yakni usianya tidak lebih dari 65 tahun per 8 Juli 2022.

Dia berharap jemaah yang berusia di atas 65 tahun untuk tidak kecewa ketika keberangkatannya ditunda karena itu merupakan regulasi yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

"Ditunda keberangkatannya bukan gagal. Tetapi kami belum menerima informasi lagi yang terbaru seperti apa. Kalau dulu sebelum pandemi, lansia itu masuk prioritas. Tetapi sekarang peraturannya berbeda," katanya.

Dia menambahkan kuota haji Kabupaten Bogor sebanyak 1.570 orang itu merupakan calon jemaah yang telah melakukan pelunasan ongkos naik haji (ONH) pada 2020 sebelum ibadah haji ditutup sementara.

"Untuk keberangkatan yang dari Kabupaten Bogor, kami belum tahu kloter berapa. Tetapi kalau secara nasional calon jemaah sudah masuk ke asrama pada 3 Juni 2022 dan besoknya diterbangkan," tutupnya. (antara/jpnn)

Gegara terbentur aturan baru dari pemerintah Arab Saudi, 269 calon jemaah haji (Calhaj) lansia asal Kabupaten Bogor, batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News