Seusai Libur Lebaran, Produksi Sampah Warga Depok Naik 100 Ton per Hari

Selasa, 10 Mei 2022 – 12:55 WIB
Seusai Libur Lebaran, Produksi Sampah Warga Depok Naik 100 Ton per Hari - JPNN.com Jabar
Potret tumpukan sampah di TPA Cipayung. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Usai libur Lebaran dan dilakukan penataan selama sepekan, tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung kembali dibuka dan terjadi peningkatan volume sampah.

Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, Iyay Gumilar mengungkapkan peningkatan volume sampah sudah pasti terjadi usai libur Lebaran.

“Peningkatan sudah pasti ada ya, biasanya dalam sehari sampah yang masuk sekitar 900 ton, usai libur sepekan menjadi kurang lebih 1.000 ton perhari,” ucapnya, saat dihubungi, Selasa (10/5).

Dirinya menjelaskan, selama libur lebaran peningkatan volume sampah yang masuk ke TPA Cipayung dalam seharinya bisa mencapai sekitar 100 ton.

Dia menuturkan peningkatan tersebut terjadi lantaran sampah yang belum terangkut pada Hari Raya Idulfitri.

“Sebagian besar merupakan sampah rumah tangga dan sampah-sampah dari pasar tradisonal yang ada di Depok,” tuturnya.

Iyay menyebut dari 120 armada pengangkut yang ada di TPA Cipayung usai lebaran, setiap armadanya bisa mengangkut sampah hingga tiga rit.

“Karena tidak mungkin menambah jumlah armadanya, sehingga setiap armada rata-rata mengangkut sampah hingga tiga rit,” jelasnya.

Usai libur lebaran dan penutupan sementara selama sepekan untuk dilakukan penataan, kini dalam sehari TPA Cipayung menerima kiriman sampah hingga 1.000 ton.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News