Alhamdulilah, Belasan Korban Banjir Bandang Sumedang Berhasil Diselamatkan

Kamis, 05 Mei 2022 – 18:35 WIB
Alhamdulilah, Belasan Korban Banjir Bandang Sumedang Berhasil Diselamatkan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi banjir bandang. Foto: screenshot

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Banjir bandang di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang pada Rabu (4/5) menyebabkan sedikitnya 18 orang terjebak. Beruntung mereka berhasi dievakuasi petugas gabungan Tim SAR.

Komandan Tim Rescue Kantor SAR Bandung Nova Perdiana mengatakan, warga dievakuasi menggunakan tali penyeberangan dan memanfaatkan material yang ada di lokasi.

Setelah berhasil diselamatkan, para warga tersebut lalu dievakuasi ke rumah Ketua Rukun Warga (RW) setempat.

“Arus banjir yang deras menyulitkan proses evakuasi, penggunaan LCR untuk evakuasi juga tidak memungkinkan karena lokasi bebtuan. Ada pun tinggi muka air pada saat pelaksanaan evakuasi bervariasi hingga 2 meter,” kata Nova melalui keterangan resminya, Kamis (5/5).

Nova menuturkan, saat ini tim fokus melakukan pencarian terhadap satu orang yang terseret arus pada saat kejadian berlangsung.

Korban anak atas nama Aira Dwi Rahmayunda (13), warga Desa Karangasem RT 05/01, Kabupaten Indramayu itu hanyut terseret arus banjir

Dengan rencana operasi tim SAR membaginya menjadi 3 SRU, SRU 1 pencarian dari lokasi kejadian sejauh 2 KM ke arah utara, SRU 2 pencarian pinggir sungai sebelah kanan sejauh 2 KM ke arah utara, dan SRU 3 pencarian pinggir sungai sebelah kiri sejauh 2 KM ke arah utara.

Ada pun unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Bandung, Polres Sumedang, Damkar Sumedang, Tagana Sumedang, BPBD Sumedang, PMI Sumedang, Satpol PP Sumedang, Gadamusa, Sumedang Mandiri Rescue, FPRB dan Dinkes Sumedang. (mcr27/jpnn)

Petugas SAR mengevakuasi 18 orang yang terjebak banjir bandang di Kabupaten Sumedang.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News