Puncak Arus Balik Diprediksi H+6 Lebaran, Jasa Marga Imbau Pemudik Pulang Sebelum 8 Mei

Rabu, 04 Mei 2022 – 17:00 WIB
Puncak Arus Balik Diprediksi H+6 Lebaran, Jasa Marga Imbau Pemudik Pulang Sebelum 8 Mei - JPNN.com Jabar
Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. (Foto: Humas Jasa Marga)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabodetabek dalam rangka libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah jatuh pada H+5 atau Minggu (8/5).

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan atau naik 53,6 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa Gedung Tol (GT) utama, yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak), dan GT Ciawi (arah Puncak).

Prediksi dari arah timur mencapai 64,64 persen dari total lalin. Sementara untuk dari arah barat sebesar 21,35 persen dan arah selatan sebesar 14,02 persen.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menuturkan, distribusi kendaraan dari arah timur menuju ke arah Jakarta akan didominasi berasal dari Trans Jawa dan Bandung.

“Kendaraan yang dari Trans Jawa dan Bandung menuju Jabotabek ke via GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip pada Minggu (8/5) yaitu sekitar 174.157 kendaraam atau meningkat 104,4 persen dibadingkan dengan lalin normal,” ujarnya.

Dwimawan menjelaskan, peningkatan lalu lintas arus balik lebaran juga diprediksi akan terjadi pada H+3 dan H+4 atau Jumat-Sabtu ini, dengan peningkatan kendaraan yang tidak jauh dengan puncak arus balik di 8 Mei 2022.

Maka dari itu, Ia mengimbau supaya pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek dan tidak menunggu puncak arus balik.

Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Minggu (8/5), Jasa Marga imbau pemudik pulang sebelum tanggal tersebut.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News