Puncak Arus Mudik Lebaran Usai, Pemudik di Terminal Cicaheum Bandung Sepi

Minggu, 01 Mei 2022 – 19:40 WIB
Puncak Arus Mudik Lebaran Usai, Pemudik di Terminal Cicaheum Bandung Sepi - JPNN.com Jabar
Potret suasana pemudik di Terminal Cicaheum, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemudik yang berangkat dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung pada H-1 menuju Idulfitri sudah mulai menurun.

Kepadatan penumpang bus di terminal tersebut tak lagi terlihat. Pasalnya, puncak arus mudik di terminal sudah terjadi pada H-3 dan H-2 lebaran atau Jumat (29/4) dan Sabtu (25/4), kemarin.

“Jadi, seperti pengalaman-pengalaman lebaran tahun sebelumnya memang H-1 untuk arus pergerakan penumpang relatif sepi. Jadi, bus mencari penumpang bukan penumpang yang cari bus,” kata Kepala Tata Usaha Terminal Cicaheum Hamdani dikonfirmasi, Minggu (1/5).

Hamdani menuturkan, di terminal Cicaheum jumlah penumpang mengalami peningkatan signifikan pada H-3 atau pada Jumat (29/4). Kemudian, arus mudik memuncak pada Sabtu (30/4) atau H-2 kemarin.

“Di H-2 jumlahnya tertinggi, kemarin dari hasil data pencatatan untuk penumpang yang diberangkatkan sebanyak 3.263, sedangkan jumlah bus ada 124. H-3 itu tercatat 2.469,” jelasnya.

Hamdani mengungkapkan, lonjakan penumpang pada H-2 arus mudik masih rendah bila dibandingkan 2019 lalu di hari yang sama.

Hal ini disebabkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Menurutnya, tahun 2019 di hari yang sama jumlah penumpang terminal Cicaheum mencapai 5.000-an orang.

“Dibandingkan tahun 2019 masih jauh belum mengejar sampai 5.022,” ujarnya.

H-1 Idulfitri, penumpang bus yang berangkat dari Terminal Cicaheum Bandung mengalami penurunan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News