Khawatir Terjadi KIPI, Ridwan Kamil Kaji Ulang Pemberian Vaksin Kepada Pemudik

Rabu, 20 April 2022 – 21:53 WIB
Khawatir Terjadi KIPI, Ridwan Kamil Kaji Ulang Pemberian Vaksin Kepada Pemudik - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menyiapkan sekitar 3.000 dosis vaksin booster untuk pemudik di libur Idulfitri 1443 Hijriah.

Kendati demikian, pihaknya masih membahas mengenai teknis penyuntikannya. Pasalnya, Ia khawatir akan terjadi KIPI atau kejadian ikutan pascaimunisasi apabila penyuntikan vaksin dilakukan di posko atau rest area mudik.

“Jumlah vaksin yang disipakan minimal 3.000 dosis, tetapi yang paling aman adalah pemudik sudah divaksinasi penuh, karena kalau di rest area atau di posko divaksin. Kami khawatir, akan ada KIPI nantinya dan malah membahayakan,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Rabu (20/4).

Pertimbangan itu pun dibenarkan Sekda Jabar Wangsaatmaja. Menurutnya, pemberian vaksin booster on the spot kepada pemudik di pos mudik atau rest area masih dalam pertimbangan Pemprov Jabar.

Pihaknya tengah berunding dengan Dinkes Jabar supaya tidak terjadi hal-hal yang berisiko bagi pemudik yang menerima vaksin booster on the spot.

“Kami harus konsultasi terlebih dahulu dengan dinkes mengenai hal itu. Apakah memungkinkan pemudik melakukan vaksinasi di perjalanan,” ucap Setiawan.

Cakupan vaksinasi Covid-19 di Jabar sudah hampir mencapai 100 persen, baik untuk dosis pertama mau pun ke dua.

Berdasarkan data Satgas Covid-10 Jabar, capaian total vaksinasi dosis pertama di angka 94,56 persen, dan dosis dua 80,11 persen.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan, pihaknya masih membahas bersama Dinkes mengenai pemberian vaksin booster untuk pemudik di jalur mudik. Waspada KIPI
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News