Kampungan, Premanisme di Koridor 3 TMP, Koswara Geram Lapor Kemenhub

Sabtu, 09 April 2022 – 12:20 WIB
Kampungan, Premanisme di Koridor 3 TMP, Koswara Geram Lapor Kemenhub - JPNN.com Jabar
Akibat premanisme Trans Metro Pasundan koridor 3 trayek Bandung Electronic Center (BEC) Bandung – Baleendah berhenti beroperasi. Koswara Geram lapor Kemenhub. Foto: Humas Pemprov Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) A. Koswara angkat bicara terakait berhentinya angkutan massal Trans Metro Pasundan koridor 3 trayek Bandung Electronic Center (BEC) Bandung – Baleendah, Kabupaten Bandung, akibat tindakan premanisme.

Koswara mengatakan, angkutan TMP dengan skema Buy the Service (BTS) ini merupakan pilihan layanan transportasi baru bagi masyarakat, sehingga pasti akan ada yang kontra dengan konsep ini.

“Untuk meminimalisir konflik yang terjadi, perlu dibuatkan strategi penanganan yang lebih spesifik, di antaranya meliputi strategi pemberdayaan dengan melibatkan usaha eksisting, strategi komunikasi dan sosialisasi yang lebih efektif,” kata Koswara dalam keterangannya, Sabtu (9/4).

Dia menambahkan, kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi membuat pendapatan dari penyelenggara angkutan umum menurun. Sehingga, seharusnya skema bus rapid transit atau BRT ini bisa menjadi momentum untuk angkutan umum memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Kalau mereka bisa dilibatkan secara baik di program ini, mereka pasti akan bisa menerima dan mendukung,” ujar Koswara.

Sebagai penyelesaiannya, Dishub Jabar akan segera menggelar rapat koordinasi teknis dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan jajaran dishub di kota kabupaten lainnya.

“Untuk menyelesaikannya, kami akan segera menggelar rapat koordinasi teknis dengan Kemehub, dinas perhubungan kabupaten kota, dan berbagai pihak terkait untuk segera Menyusun dan menerapkan strategi penanganan dari permasalahan ini,” ujar Koswara.

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan meresmikan program Buy the Service pada angkutan massal Trans Metro Pasundan.

Akibat premanisme Trans Metro Pasundan koridor 3 trayek Bandung Electronic Center (BEC) Bandung – Baleendah berhenti beroperasi. Koswara Geram lapor Kemenhub
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News