Legendarisnya Soto Ojolali di Bandung yang Memikat Perut Artis hingga Pejabat Tanah Air

Minggu, 27 Oktober 2024 – 21:00 WIB
Legendarisnya Soto Ojolali di Bandung yang Memikat Perut Artis hingga Pejabat Tanah Air - JPNN.com Jabar
Generasi ke-4 Soto Ojolali Bandung, Agus Wardana. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Keotentikan soto tidak hanya milik Kota Yogyakarta saja. Makanan berkuah itu juga tersebar di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya Kota Bandung.

Di daerah dengan julukan ‘Kota Kembang’ itu ada soto yang sudah melegenda sejak tahun 1939-an. Namanya adalah ‘Soto Ojolali’ yang kedainya terletak di Jalan Cibadak No 79.

Agus Wardana, pria paruh baya berusia 44 tahun itu menjadi penerus generasi ke-4 dari bisnis makanan milik buyutnya, M Karta dan M Endi.

Saat ditemui JPNN di cabang kedainya di Jalan Lodaya, Agus tengah menjamu para pelanggan. Kebetulan, saat itu tengah jam makan siang yang mana ada banyak kostumer yang ingin mengisi perutnya yang keroncongan.

Senyumnya tak sedikit pun pudar saat mengantarkan pesanan ke tiap meja pelanggan.

Di dinding kedainya itu juga terpampang beberapa foto lawas. Foto-foto itu menggambarkan situasi berjualan buyutnya medio tahun 1960-an.

“Itu kakek buyut lagi jualan seperti booth gitu kalau zaman sekarang,” kata Agus sambil menunjuk frame foto hitam putih.

Ia menceritakan, Soto Ojolali pertama kali dibuat oleh dua orang sahabat yakni M Karta dan M Endi, yang tak lain adalah buyutnya sekitar tahun 1939-an.

Soto Ojolali di Kota Bandung, makanan legendaris sejak tahun 1939 yang berawal dari kisah romantis sang pemilik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News