Malam Keakraban Himasif dan Himapsil FTS UIKA Bogor Jadi Sarana Mengasah Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa

Minggu, 20 Oktober 2024 – 07:00 WIB
Malam Keakraban Himasif dan Himapsil FTS UIKA Bogor Jadi Sarana Mengasah Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa - JPNN.com Jabar
Potret kegiatan Malam Keakraban HIMASIF dan HIMAPSIL, Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Dr. Rimun Wibowo menyampaikan motivasi inspiratif kepada para mahasiswa pada acara Malam Keakraban HIMASIF dan HIMAPSIL.

Acara yang digelar di Villa Cemara, Gunung Malang, Tenjolaya, Kabupaten Bogor itu mengusung tema "Membentuk Jiwa Kepemimpinan yang Visioner, Dinamis, serta Progresif Berdasarkan Kekeluargaan".

Dr. Rimun sangat mengapresiasi inisiatif acara ini serta menilai bahwa tema yang diangkat sangat relevan.

"Alumni yang sukses, baik dalam karir maupun kehidupan, biasanya aktif sebagai aktivis semasa mahasiswa. Acara semacam ini merupakan wadah penting untuk mengasah kemampuan kepemimpinan mahasiswa," kata Dr. Rimun.

Ia menekankan bahwa kepemimpinan bukan hanya soal teori, tetapi juga seni dalam memobilisasi sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.

"Acara seperti ini adalah contoh nyata bagaimana seni kepemimpinan diterapkan. Seni menggerakkan mahasiswa Ilmu Lingkungan dan Sistem Informasi untuk berpartisipasi, seni mencari dan mengelola dana, serta seni menyusun agenda dan mengoordinasikan berbagai aspek kegiatan seperti waktu, narasumber, konsumsi, hingga teknis acara seperti sound system dan sertifikat," tambahnya.

Dr. Rimun juga menyoroti pentingnya melatih soft skills yang seringkali tidak diajarkan di ruang kelas, namun sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja.

"Keterampilan komunikasi, empati, simpati, dan toleransi adalah bagian dari kepemimpinan yang akan sangat bermanfaat dalam interaksi di kampus maupun setelah menjadi alumni nanti," jelasnya.

Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan FTS UIKA Bogor, Dr. Rimun Wibowo menyampaikan motivasi kepada para mahasiswa di acara Malam Keakraban HIMASIF dan HIMAPSIL.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News