Bermodalkan Anggaran Rp10,1 Miliar, Pemkot Depok Lanjutkan Program Secawan

Selasa, 08 Oktober 2024 – 16:00 WIB
Bermodalkan Anggaran Rp10,1 Miliar, Pemkot Depok Lanjutkan Program Secawan - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sedang melakukan penataan kawasan Sungai elok Cantik dan Menawan (SeCAWAN) Tahap II, di Kecamatan Pancoran Mas.

Kepala DPUPR Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan penataan dilakukan dengan mengusung empat konsep sekaligus.

"Konsep ini dirancang agar memberi kenyamanan bagi penggunanya. Baik pengguna kendaraan maupun warga yang ingin menikmati keindahan SeCAWAN," ucapnya.

Citra menyebut empat konsep yang dimaksud antara lain, konsep complete street yaitu konsep perencanaan trotoar dengan pembagian fungsi jalan secara ideal dan lengkap.

Mengedepankan segala kebutuhan mobilitas seluruh pengguna jalan secara inklusif. Baik pejalan kaki, pesepeda, pengguna transportasi umum, maupun pengguna kendaraan pribadi.

"Konsep selanjutnya, yaitu righsizing street atau menata ulang ruang milik jalan dengan konsistensi lajur jalan. Dalam konsep ini, kami tidak ingin mempersempit jalan, tetapi kami membuat konsistensi lajur jalan. Seperti, membebaskan ruang untuk menambah infrastruktur pejalan kaki, sepeda, dan parkir," tuturnya.

Dia menjelaskan, konsep lainnya yaitu right function yang merupakan konsep penataan ruang milik jalan kepada fungsi yang tepat.

Yakni, trotoar merupakan hak dari pejalan kaki, sehingga dalam penataan trotoar tetap yang diutamakan adalah hak pejalan kaki.

Saat ini Pemkot Depok melalui Dinas PUPR sedang melanjutkan penataan SeCAWAN tahap kedua, dengan mengusung empat konsep dengan pagu anggaran Rp 10,1 miliar
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News