Lima Alasan untuk Mengunjungi Historic Jeddah

Rabu, 02 Oktober 2024 – 12:43 WIB
Lima Alasan untuk Mengunjungi Historic Jeddah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Historic Jeddah. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Arab Saudi, yang terkenal dengan peradaban kuno dan keragaman budayanya, menyimpan banyak hal menarik yang mungkin belum banyak orang ketahui. Salah satunya adalah Historic Jeddah. Terletak di pusat kota, tempat ini memadukan sejarah masa lalu dan kehidupan masa kini.

Pada tahun 2014, Historic Jeddah dinobatkan sebagai salah satu dari delapan Situs Warisan Dunia UNESCO yang berada di Saudi. Kota ini terkenal dengan jalan berliku dan lorong-lorong kecil yang dikelilingi dengan berbagai bangunan yang terbuat dari batu karang. Banyak dari bangunan ini telah diperbaiki untuk mempertahankan keindahan balkon kayu mereka, atau yang lebih dikenal sebagai Rawasheen.

Berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus mengunjungi Historic Jeddah dan merasakan kembali suasana abad ke-7 – Selamat datang di Jantung Arabia:

Jelajahi Keindahan Sejarah yang Menakjubkan

Saat menjelajahi jalan berbatu dan berliku, Anda akan merasa seperti memasuki sebuah museum hidup. Menara berumur 400 tahun dan pintu-pintu yang dipahat dengan indah menceritakan kisah masa lalu yang penuh warna. Arsitektur Hijazi yang khas, dengan batu karang, pahatan kayu, dan balkon kotak Roshan, menggambarkan kehidupan para pedagang zaman dahulu yang pernah hidup di kota ini.

Sebagai pusat budaya dan sejarah, Jeddah adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang tertarik dengan budaya setempat. Kota berubah menjadi hidup di malam hari, terutama di Kafe Historic Nights Rooftop, di mana Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam sambil melihat barang-barang antik. Anda dapat mengunjungi pasar Souk Al Alawi, yang merupakan pasar tertua di Jeddah, untuk berburu barang-barang unik. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai hal, seperti barang-barang yang terbuat dari kulit, parfum Arab, hingga perhiasan dan pakaian tradisional.

Bila Anda tertarik untuk memahami lebih dalam sejarah daerah ini, Anda dapat mengunjungi Bait Baeshen, sebuah pusat kebudayaan yang dahulu merupakan tempat berkumpulnya tokoh-tokoh penting Jeddah. Tempat ini memiliki keindahan arsitektur tradisional yang megah serta Rawasheens yang mempesona. Di dalamnya, Anda dapat menemukan kerajinan tangan yang indah, dokumen bersejarah, foto-foto langka, dan manuskrip yang menceritakan tentang sejarah masa lalu.

Nikmati Kehidupan Malam di Jeddah

Arab Saudi, yang terkenal dengan peradaban kuno dan keragaman budayanya, menyimpan banyak hal menarik yang mungkin belum banyak orang ketahui.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News