4.246 Hektare Lahan Persawahan di Kabupaten Bekasi Terancam Kekeringan

Rabu, 04 September 2024 – 09:00 WIB
4.246 Hektare Lahan Persawahan di Kabupaten Bekasi Terancam Kekeringan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi lahan pertanian atau areal persawahan. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mencatat 4.246 hektare lahan persawahan di wilayah itu berstatus terancam kekeringan berdasarkan hasil pemantauan serta penilaian tim kaji cepat daerah.

"Lahan pertanian terancam kekeringan itu tersebar di sejumlah wilayah dengan rincian 99 desa di 20 total kecamatan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid.

Ia mengatakan lahan pertanian di Kecamatan Tambelang menjadi wilayah terdampak kekeringan terluas dengan 518 hektare yang tersebar di tujuh desa. Disusul Kecamatan Sukakarya dengan 494 hektare di tujuh desa.

Kondisi serupa juga terjadi pada areal pertanian di Kecamatan Karangbahagia. Sebanyak 492 hektare lahan sawah petani yang tersebar di tujuh desa wilayah itu turut terancam kekeringan.

Kemudian Kecamatan Kedungwaringin seluas 475 hektare tersebar di enam desa, 444 hektare di sembilan desa se-Kecamatan Babelan, serta enam desa di Kecamatan Sukawangi dengan luas lahan 352 hektare.

Kecamatan Cabangbungin dengan 337 hektare di enam desa, Kecamatan Tambun Utara 265 hektare di delapan desa, Kecamatan Pebayuran 224 hektare di delapan desa, Kecamatan Cikarang Timur 168 hektare di empat desa, dan lima desa di Kecamatan Muaragembong seluas 110 hektare.

"90 hektare sawah juga terancam kering di wilayah Kecamatan Serang Baru dan Sukatani. Kalau di Serang Baru tersebar di delapan desa sedangkan di Sukatani empat desa," katanya.

Abdillah melanjutkan 85 hektare areal persawahan di tiga desa se-Kecamatan Bojongmangu juga turut terancam kekeringan. Begitu pula di lima desa Kecamatan Cikarang Selatan dengan areal terdampak seluas 38 hektare serta satu desa di Kecamatan Cibitung seluas 35 hektare.

Pemkab Bekasi mencatat 4.246 hektare lahan persawahan di wilayah itu berstatus terancam kekeringan berdasarkan hasil pemantauan tim kaji cepat daerah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News