3 Desa di Kabupaten Bekasi Dilanda Kekeringan

Senin, 02 September 2024 – 15:00 WIB
3 Desa di Kabupaten Bekasi Dilanda Kekeringan - JPNN.com Jabar
Kekeringan. Foto : Ricardo/JPNN.con

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama forum koordinasi pimpinan daerah serta unsur terkait menjalankan aksi tanggap darurat kekeringan untuk menanggulangi bencana sekaligus memastikan masyarakat terdampak mendapatkan bantuan kebutuhan dasar.

"Kami bersama forkopimda langsung turun ke lapangan meninjau kondisi kekeringan di tiga titik, yakni Desa Wanajaya dan Desa Sukajaya, Kecamatan Cibitung serta Desa Karangharja di Kecamatan Pebayuran," kata Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi di Cikarang, Senin (2/9).

Dia mengatakan langkah tersebut merupakan tindak lanjut rencana aksi yang dijalankan pemerintah daerah seusai menetapkan status tanggap darurat bencana kekeringan selama 14 hari terhitung mulai 30 Agustus hingga 12 September 2024.

Aksi turun ke lapangan ini sekaligus dalam rangka meningkatkan sinergisitas antara segenap pemangku kebijakan dan kepentingan untuk bersama-sama menanggulangi bencana kekeringan di Kabupaten Bekasi.

"Kami melihat, mendengar, dan merasakan keluhan dari para warga serta petani dan langsung secara cepat tanggap merespons keluhan ini," katanya.

Pihaknya juga mendistribusikan berbagai bantuan bagi masyarakat maupun petani terdampak kekeringan, baik dalam bentuk alat pendukung pertanian maupun air bersih untuk warga yang kesulitan mendapatkan air.

"Kami dapat bantuan dari Kementerian Pertanian sebanyak 145 pompa dengan berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan. Kemudian ada bantuan pengiriman alat berat dari Kementerian PUPR, itu telah kami distribusikan ke wilayah dan masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan mengoptimalkan alokasi anggaran yang bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak kekeringan, baik kekeringan pada areal pertanian maupun kesulitan air bersih di wilayah permukiman.

Pemkab Bekasi serta unsur terkait menjalankan aksi tanggap darurat kekeringan untuk memastikan masyarakat terdampak mendapatkan bantuan
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News