Gedung Cagar Budaya Berpotensi Tarik Wisatawan ke Purwakarta

Selasa, 27 Agustus 2024 – 16:00 WIB
Gedung Cagar Budaya Berpotensi Tarik Wisatawan ke Purwakarta - JPNN.com Jabar
Potret Gedung Karasidenan di Purwakarta. Foto: Kemendikbud

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta menyebutkan sejumlah bangunan tua warisan sejarah atau gedung cagar budaya di daerah tersebut berpotensi menjadi daya tarik wisatawan.

"Bangunan bersejarah berusia ratusan tahun itu adalah aset wisata potensial bagi Purwakarta," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Mohamad Ramdhan.

Ia mengaku saat ini tengah menyusun sejumlah langkah agar aset wisata itu bisa mengundang wisatawan dalam jumlah besar.

Sesuai dengan data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, gedung-gedung bersejarah atau Gedung Cagar Budaya yang menjadi asset wisata di Purwakarta antara lain Gedung Karesidenan yang dibangun sekitar tahun 1830, Gedung Kembar yang dibangun sekitar tahun 1831, Gedung Negara dan Pendopo Purwakarta yang dibangun sekitar tahun 1854.

Kemudian bangunan Stasiun Kereta Api Purwakarta yang dibangun sekitar tahun 1902, Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Wanayasa yang dibangun sekitar tahun 1864, Gedung Normaal School dan Rumah Dinas Direktur Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Purwakarta yang dibangun sekitar tahun 1914.

Cagar budaya dan bangunan bersejarah lainnya ialah Rumah Adat Citalang yang dibangun sekitar tahun 1905, Vihara Budi Dharma, Makam Dalem Panyelang, Makam Dalem Santri yang dibangun sekitar tahun 1872, dan Vihara Budi Asih yang dibangun sekitar tahun 1917.

Menurut Ramdhan, bangunan-bangunan bersejarah itu sebagai cagar budaya itu sebelumnya telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Mendikbud Nomor PM.58/PW.007/MKP/2010 dan SK Bupati Purwakarta No.556.31/kep.307-Disporaparbud/2022.

Ia menyampaikan bangunan cagar budaya itu bisa menjadi magnet baru bagi wisatawan. Sebab selain memiliki kisah sejarah yang panjang, juga menyangkut sejarah terbentuknya Purwakarta, yang memiliki keunikan dan keindahan yang mempesona.

Pemkab Purwakarta menyebutkan sejumlah bangunan tua warisan sejarah atau gedung cagar budaya di sana berpotensi menjadi daya tarik wisatawan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News