Disperindag Jabar Lakukan Akselerasi Pembentukan Konsumen Cerdas

Jumat, 23 Agustus 2024 – 17:18 WIB
Disperindag Jabar Lakukan Akselerasi Pembentukan Konsumen Cerdas - JPNN.com Jabar
Kadisdagin Jabar, Noneng Komara Nengsih saat ditemui seusai sosialisasi konsumen cerdas di Jalan Riau, Kota Bandung, Jumat (23/8). Foto: Ridwan Abdul Malik/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus melakukan berbagai upaya dalam mendorong masyarakat menjadi konsumen cerdas. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi yang dilakukan secara langsung di Kota Bandung.

Selain secara offline, sosialisasi juga dilakukan secara online oleh masyarakat ritel modern, melalui zoom di 27 kabupaten/kota Jawa Barat.

"Konsumen cerdas ini kampanye kepada seluruh masyarakat Jabar, karena pada dasarnya kita semua ini konsumen, supaya konsumen kita cerdas," ujar Kadisdagin Jabar, Noneng Komara Nengsih, seusai sosialisasi konsumen cerdas di Jalan Riau, Kota Bandung, Jumat (23/8).

Noneng menuturkan, semakin cerdas konsumen akan berdampak ke produsen untuk bersaing dan berlomba-lomba meningkatkan kualitas produknya.

"Semakin cerdas konsumen, produk kita semakin berkualitas dan berdaya saing, karena konsumen semakin kritis terhadap produknya," kata Noneng.

"Sosialisasinya kepada pengunjung di ritel modern itu, misalnya makanan pasti harus ada label halal, pirtnya, komposisi dan kadaluarsanya, untuk baju harus dilihat labelnya, kemudian produk-produk seperti piring, harus dilihat SNI nya," sambungnya.

Lebih lanjut, Noneng mengungkapkan, pihaknya juga akan menggandeng Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Salah satunya Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat.

Pasalnya, sosialiasi dalam membentuk konsumen cerdas akan menyasar para peserta didik juga di sekolah-sekolah.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus melakukan berbagai upaya dalam mendorong masyarakat menjadi konsumen cerdas.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News