Tirta Pakuan Pasang Alat Pompa Dorong Demi Tangani Gangguan Pengaliran Air di Zona III-B

Jumat, 23 Agustus 2024 – 15:55 WIB
Tirta Pakuan Pasang Alat Pompa Dorong Demi Tangani Gangguan Pengaliran Air di Zona III-B - JPNN.com Jabar
Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf, saat meninjau kondisi di lapangan. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Gangguan pelayanan pengaliran air pada Zona III-B atau wilayah Bogor Barat, yakni Balumbang Jaya, Bubulak, Situ Gede, Cifor, sebagian wilayah Sindang Barang, Pilar I dan II serta Gunung Batu, langsung disikapi dengan cepat Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Berbagai upaya terus dilakukan salah satunya dengan memasang alat pompa dorong atau in line pump di area reservoir Jabaru.

Selain memasang alat pompa dorong, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor bakal meningkatkan dan menambah kapasitas suplai debit air dari wilayah Empang.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf mengungkapkan bahwa terjadinya gangguan pelayanan di Zona III-B dikarenakan alat pompa yang saat ini sedang digunakan usianya cukup lama, yakni dari tahun 2017 dan berdekatan dengan sungai Cisadane.

"Pompa itu dibangun sekitar tahun 2017 (7 tahun lalu) sedangkan dioperasikan selama 24 jam sehingga untuk saat ini sering terjadi gangguan dari listrik maupun kinerja pompa dan mengganggu beberapa titik wilayah pelayanan Zona III-B," ujar dia, saat meninjau reservoir Jabaru pada Jumat (23/8).

Ardani menyebut, bahwa ada beberapa wilayah yang tidak 24 jam mendapat pelayanan seperti menyala di saat malam hari mulai pukul 20.00 - 06.00 WIB, ada juga yang mati di pagi hari mulai pukul 05.00 - 08.00 WIB, kemudian mati lagi pada pukul 17.00 - 20.00 WIB.

"Menyikapi hal itu tentunya kami melakukan evaluasi dan perencanaan ke depan untuk menangani permasalahan tersebut," jelasnya.

"Saat ini kami sedang ada di reservoir Jabaru dengan kapasitas 1500 meter kubik, ke depan kami akan mengoptimalkan reservoir Jabaru dengan cara memasang pompa di sekitar reservoir Jabaru untuk mengatasi permasalahan yang sedang terjadi di Zona III-B atau wilayah Bogor Barat," tambahnya.

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor pasang alat pompa dorong demi tangani gangguan pelayanan air bersih di Zona III-B
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News