Pemerintah Wacanakan Pembangunan Parkir Susun di Alun-alun Kota Bogor

Kamis, 22 Agustus 2024 – 13:00 WIB
Pemerintah Wacanakan Pembangunan Parkir Susun di Alun-alun Kota Bogor - JPNN.com Jabar
Area parkir kendaraan di sisi Alun-Alun Kota Bogor. ANTARA/Shabrina Zakaria

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menargetkan pembangunan parkir bersusun di Jalan Nyi Raja Permas sebagai solusi penataan parkir di kawasan Alun-Alun Kota Bogor dilaksanakan tahun ini.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan penataan parkir ini dilakukan karena saat ini ruang parkir untuk kendaraan pengunjung di Alun-Alun Kota Bogor tidak cukup.

Namun, kata Syarifah, pembangunan parkir susun ini harus melewati beberapa tahap. Salah satunya dibuat Peraturan Wali Kota (Perwali) terlebih dahulu.

“Maka kami di situ akan bangun parkir bersusun penataannya, kami inginnya tahun ini. Karena di sana harus ada beberapa tahap seperti bikin dulu Perwali, memberikan peruntukkan yang tadinya jalan menjadi tempat parkir bersusun,” jelasnya.

Setelah itu, kata Syarifah, akan ada proses beauty contest. Kendati demikian, seluruh proses ini bukan dilakukan oleh Pemkot Bogor, tetapi oleh BUMD transportasi Kota Bogor yakni Perumda Transportasi Pakuan (PTP).

“Bukan oleh Pemkot, tidak pakai APBD. Nanti PTP bekerja sama dengan investor untuk membangun itu. Yang terpenting buat kami adalah pengaturan parkir menjadi rapi,” ujarnya.

Selain parkir bersusun untuk kendaraan pengunjung, Syarifah mengatakan penataan ini juga akan dibarengi dengan memanfaatkan beberapa cerukan di sisi jalan angkutan kota (angkot).

Termasuk juga, kata dia, mengalihkan agar para pengemudi ojek daring seperti Gojek dan Grab agar tidak berkumpul di halte atau shelter miliknya masing-masing.

Pemkot Bogor menargetkan pembangunan parkir bersusun di Jalan Nyi Raja Permas sebagai solusi penataan parkir di kawasan Alun-Alun Kota Bogor
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News