Hilang Kontak Selama 13 Tahun, PMI Asal Karawang Ini Akhirnya Pulang ke Tanah Air

Minggu, 11 Agustus 2024 – 09:00 WIB
Hilang Kontak Selama 13 Tahun, PMI Asal Karawang Ini Akhirnya Pulang ke Tanah Air - JPNN.com Jabar
Bupati Karawang Aep Syaepuloh. (ANTARA/HO-Pemkab Karawang)

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berhasil memulangkan pekerja migran Indonesia yang selama 13 tahun hilang kontak dengan keluarganya di Karawang.

"PMI (pekerja migran Indonesia) yang dipulangkan ini bekerja di Bahrain, sudah 13 tahun bekerja tapi hilang kontak dengan keluarganya," kata Bupati Karawang Aep Syaepuloh.

Ia mengatakan pada tahun 2011 warga asal Karawang bernama Ny Masri binti Tanyan berangkat ke luar negeri untuk menjadi PMI.

Setelah berangkat ke Bahrain, pihak keluarga di Karawang hilang kontak dengan Masri.

Selanjutnya, kabar tersebut akhirnya sampai ke Pemerintah Kabupaten Karawang. Kemudian Pemkab Karawang dibantu oleh KBRI Bahrain membantu proses pemulangan Masri.

Dalam proses pemulangan, ditemukan kendala bahwa KTP-el dan paspor miliknya harus diperbaharui serta ditemukan fakta bahwa Masri tidak memperoleh haknya selama bekerja sebagai penata laksana rumah tangga di luar negeri.

"Dengan bekerja sebagai pembantu rumah tangga, beliau diterima oleh majikannya di sana tetapi memang tidak untuk dipulangkan. Nah baru kemarin Bu Masri ini datang bersama majikannya ke KBRI setelah itu dicek ternyata paspornya sudah kedaluwarsa, KTP-nya juga KTP lama," katanya.

Bupati menyampaikan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia Manama, Bahrain atas bantuan yang diberikan untuk mendampingi kepulangan PMI asal Kecamatan Pedes, Karawang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berhasil memulangkan pekerja migran Indonesia yang selama 13 tahun hilang kontak dengan keluarganya di Karawang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News