Gempa Bumi Berkekuatan 3,5 M Mengguncang Bogor, BMKG Beberkan Pemicunya

Senin, 05 Agustus 2024 – 07:15 WIB
Gempa Bumi Berkekuatan 3,5 M Mengguncang Bogor, BMKG Beberkan Pemicunya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya aktivitas gempa bumi tektonik yang melanda Kota Bogor pada Minggu (04/8).

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan gempa bumi yang melanda Kota Bogor terjadi pada pada Minggu (04/8) pukul 23:16:53 WIB.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi berkekuatan 3,5 m memiliki episenter gempat pada koordinat 6.73 LS dan 106.63 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 Km Barat Daya Kota Bogor pada kedalaman 4 Km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar aktif wilayah setempat," kata Hartanto dalam keterangan resminya.

Menurut peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cipeteuy Kabandungan, Kalapanunggal, Pamijahan Bogor dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

"Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujarnya.

Hingga pukul 23:39 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 

BMKG mencatat adanya aktivitas gempa bumi tektonik berkekuatan 3,5 M yang melanda Kota Bogor pada Minggu (04/8) pukul 23:16:53 WIB.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News