Marak Gepeng Musiman Saat Ramadan, Begini Langkah Antisipatif Satpol PP Kota Depok

Selasa, 29 Maret 2022 – 11:20 WIB
Marak Gepeng Musiman Saat Ramadan, Begini Langkah Antisipatif Satpol PP Kota Depok - JPNN.com Jabar
Kepala Satpol PP Kota Depok Lienda Ratnanurdianny. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KOTA DEPOK - Kemunculan gelandangan dan pengemis (Gepeng) musiman di setiap ramadan menjadi sorotan jajaran Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok.

Kepala Satpol PP Kota Depok Lienda Ratnanurdianny mengungkapkan, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya saat ramadan tiba gepeng musiman selalu muncul di sejumlah jalan protokol di Kota Depok.

“Fenomena ini muncul akibat banyaknya masyarakat yang mau berbagi dan bersedekah saat ramadan, terutaman di kawasan Margonda Depok," katanya, dikutip Selasa (29/3).

Lienda mengaku pihaknya sama sekali tidak melarang masyarakat untuk bersedekah, tetapi alangkah lebih baiknya sedekah itu dilakukan dengan tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

"Misalnya bersedekah di masjid, jadi, orang-orang yang membutuhkan bisa datang langsung ke masjid ketimbang bersedekah di jalan yang membuat kota terlihat kumuh," ujarnya.

Demi mengantisipasi persoalan tersebut, pihaknya akan melakukan patroli rutin untuk menertibkan gepeng musiman yang marak di jalan-jalan utama di Kota Depok.

“Kami akan perintahkan anggota kami untuk berpatroli dan menempatkan anggota di titik-titik tertentu untuk mengawasi gepeng musiman ramadan," jelasnya.

Biasanya gepeng musiman tersebut tidak hanya berasal dari Depok, ada juga yang berasal dari luar Depok yang memang sengaja datang selama ramadan untuk mencari makan.

Kemunculan gepeng musiman di setiap ramadan, menjadi sorotan jajaran Satpol PP Kota Depok. Begini langkah yang akan diambil Kepala Satpol PP Kota Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News