Pemkab Purwakarta Kembangkan Konsep Satu Desa Satu Produk Pertanian Unggulan

Minggu, 21 Juli 2024 – 09:30 WIB
Pemkab Purwakarta Kembangkan Konsep Satu Desa Satu Produk Pertanian Unggulan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi lahan persawahan. Foto: dok Humas Kementan

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mengembangkan konsep di setiap desa memiliki minimal satu produk unggulan hasil pertanian, untuk mengembangkan pergerakan ekonomi di wilayah perdesaan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan, di Purwakarta mengatakan bahwa pengembangan komoditas unggulan hasil pertanian itu dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Penjabat Bupati Benni Irwan yang mendorong agar setiap desa di Purwakarta memiliki minimal satu produk komoditas unggulan.

"Jika setiap satu desa minimal punya satu produk unggulan hasil pertanian, maka bisa mendorong pergerakan ekonomi desa. Pergerakan ekonomi desa secara otomatis akan menggerakan roda perekonomian daerah dalam hal ini Purwakarta," katanya.

Ia mengatakan jika sudah ada satu produk unggulan di suatu desa, itu bisa memicu lahirnya produk unggulan lainnya. Kemudian itu juga akan membuka peluang setiap desa punya produk unggulan lebih dari satu.

"Jadi konsep satu desa minimal memiliki satu produk unggulan hasil pertanian ini tentunya akan berdampak besar terhadap pengembangan ekonomi desa," kata Midan.

Menurut dia, keberhasilan suatu desa dalam mengelola potensi dan sumber dayanya akan merambah ke berbagai sektor. Semua potensi itu akan merangsang lahirnya peluang kerja bagi masyarakat desa.

Sebagai tahap awal pengembangan konsep satu desa minimal memiliki satu produk unggulan hasil pertanian, Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta kini akan mengembangkan tujuh komoditas unggulan hasil pertanian di sejumlah daerah sekitar Karawang.

Tujuh komoditas yang akan dijadikan komoditas unggulan di antaranya buah durian, buah rambutan, buah melon, pisang, bawang merah, tomat, dan kacang panjang

Demi mendongkrak perekonomian desa, Pemkab Purwakarta mengembangkan konsep di setiap desa memiliki minimal satu produk unggulan hasil pertanian.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News