Masuki Musim Kemarau, Pemkab Purwakarta Siaga Ancaman Kekeringan dan Kebakaran Hutan dan Lahan

Kamis, 27 Juni 2024 – 15:00 WIB
Masuki Musim Kemarau, Pemkab Purwakarta Siaga Ancaman Kekeringan dan Kebakaran Hutan dan Lahan - JPNN.com Jabar
Kekeringan. Foto : Ricardo/JPNN.con

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mewaspadai ancaman bencana kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan pada puncak musim kemarau diperkirakan berlangsung Juni-Agustus 2024.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Purwakarta, Heryadi Erlan mengatakan bahwa bentuk kewaspadaan dalam menghadapi bencana pada musim kemarau dengan menyiagakan ribuan personel.

Ribuan personel yang disiagakan itu terdiri atas 2.196 Sukarelawan Desa Tangguh Bencana, 183 Sukarelawan Pemadam Kebakaran dan 75 personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta 15 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta.

"Selain untuk menghadapi potensi bencana karhutla, para personel itu juga disiagakan untuk mengantisipasi potensi bencana lainnya saat memasuki puncak musim kemarau seperti kekeringan dan kelangkaan air bersih bagi masyarakat," katanya.

Menurut dia, sukarelawan yang disiagakan berasal dari 183 desa dan sembilan kelurahan di 17 kecamatan sekitar Purwakarta.

Sepanjang puncak musim kemarau, mereka akan melakukan monitoring di masing-masing wilayah desanya sebagai langkah awal antisipasi bencana.

"Jadi para sukarelawan itu akan menjadi ujung tombak dalam mengantisipasi berbagai potensi bencana yang akan muncul saat puncak kemarau," kata dia.

Menurut Erlan, ancaman bencana kekeringan dan berkurangnya pasokan air bersih maupun pasokan air pertanian, berpotensi terjadi di 12 kecamatan.

Pemkab Purwakarta mewaspadai ancaman bencana kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan pada puncak musim kemarau diperkirakan berlangsung Juni-Agustus 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News