Perputaran Uang Hewan Kurban di Kota Depok Capai Rp286 Miliar

Minggu, 16 Juni 2024 – 11:30 WIB
Perputaran Uang Hewan Kurban di Kota Depok Capai Rp286 Miliar - JPNN.com Jabar
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat melakukan sidak. Foto : Diskominfo Depok

jabar.jpnn.com, DEPOK - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lapak pegadang hewan kurban, salah satunya di Kecamatan Tapos, Kota Depok.

Pria yang akrab disapa IBH ini menuturkan bahwa sidak ini sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kota (Pemkot) Depok setiap tahunnya.

Lewat Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, hewan kurban yang masyarakat konsumsi atau beli akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

"Semua diperiksa agar terjamin kehalalannya dan dari segi syar'i layak menjadi hewan kurban. Dari segi fisik, mulai dari mata, hidung, mulut, kaki, semua kesehatan fisiknya kami lihat layak atau tidak," ucapnya.

Selain itu, dirinya juga memastikan semua hewan kurban yang dijual di Kota Depok sehat dan tidak ada yang terjangkit penyakit, seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) dan antraks.

"Alhamdulillah, itu semua tidak ada. Jadi konsumen Kota Depok semuanya aman," terangnya.

Dia menyebut perputaran uang pada Hari Raya Kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

IBH memerinci pada tahun sebelumnya, terdapat Rp250 miliar transaksi yang dilakukan oleh warga Depok untuk kurban.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono memprediksi perputaran uang penjualan hewan kurban di Kota Depok naik dari tahun lalu menjadi Rp286 miliar
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News