Menjelang Iduladha 2024, DPKHP Cianjur Melakukan Pemeriksaan Kesehatan 8.473 Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 – 07:45 WIB
Menjelang Iduladha 2024, DPKHP Cianjur Melakukan Pemeriksaan Kesehatan 8.473 Hewan Kurban - JPNN.com Jabar
Petugas dari Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Cianjur, Jawa Barat, pastikan kesehatan hewan di setiap peternakan sebelum dijual untuk kurban. (ANTARA/Ahmad Fikri).

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Cianjur melakukan pemeriksaan ribuan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 2024. Pemeriksaan dilakukan demi meminimalkan risiko adanya hewan tak sehat saat perayaan hari raya kurban.

Kepala DPKHP Cianjur, Aris Haryanto mengatakan sebanyak 8.473 ekor hewan kurban telah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat.

"Pemeriksaan hewan kurban sudah dilakukan sejak dua pekan terakhir dan akan terus dilakukan setelah hari raya kurban pekan depan, tercatat sekitar 8 ribu hewan kurban sudah menjalani pemeriksaan dan diberikan label sehat," kata Aris dikutip Kamis (13/6).

Aris menyebutkan, ribuan hewan kurban yang telah diperiksa berasal dari 85 peternakan yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur.

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap 3.495 ekor sapi, 3.798 ekor domba, 1.150 ekor kambing, dan 30 ekor kerbau.

Adapun untuk pemeriksaan dilakukan bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar, setelah diperiksa setiap hewan diberikan surat keterangan sehat dan dipasangi label untuk meyakinkan masyarakat yang hendak membeli hewan kurban.

"Hewan yang sudah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari tim, akan mendapat surat keterangan dan dipasangi label sehat, sehingga pembeli tidak perlu ragu menentukan pilihan hewan untuk dikurbankan," katanya.

Sementara itu, Medik Veteriner UPTD Puskeswan Cianjur Utara, Dadang Abdullah, mengatakan pemeriksaan yang dilakukan mencakup gigi sapi untuk memastikan umur, kuping, mata, kulit, dan kuku untuk memastikan tidak mengidap penyakit mulut dan kuku (PMK) dan tidak ada penyakit Latto-latto atau Lumpy Skin Disease (LSD).

Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Cianjur melakukan pemeriksaan ribuan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News