Cegang Pendangkalan dan Banjir, Jasa Tirta Normalisasi Kalimalang Bekasi

Rabu, 12 Juni 2024 – 14:30 WIB
Cegang Pendangkalan dan Banjir, Jasa Tirta Normalisasi Kalimalang Bekasi - JPNN.com Jabar
Satu unit alat berat dikerahkan untuk mengeruk material lumpur dari aliran Kalimalang di Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Perum Jasa Tirta (PJT) II melakukan pekerjaan normalisasi aliran sungai pada Saluran Irigasi Tarum Barat atau Kalimalang di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi sebagai upaya antisipasi terjadi pendangkalan.

Juru II Saluran Irigasi Tarum Barat, Heriansyah mengatakan pekerjaan fisik pengerukan sungai ini dilakukan untuk mencegah terjadi pendangkalan akibat endapan lumpur.

"Proses pengerukan ini ditargetkan selesai hingga dua minggu ke depan," katanya.

Dia mengatakan pekerjaan normalisasi dengan mengeruk material lumpur ini dilakukan sepanjang 700-800 meter mulai dari titik Jembatan Cibatu ke arah hilir atau wilayah Desa Pasirsari.

Selain mengangkat material lumpur, sejumlah tumbuhan pengganggu seperti ilalang yang tumbuh di sekitar area pekerjaan juga turut diangkat karena menghalangi laju air.

"Kegiatan normalisasi ini menggunakan satu alat berat jenis excavator amphibi yang disiapkan hingga pekerjaan tuntas," katanya.

Heriansyah juga menyebutkan kegiatan normalisasi ini juga bertujuan untuk memperlancar aliran Sungai Kalimalang selain mencegah pendangkalan.

"Jadi, kami berupaya semaksimal mungkin untuk mengembalikan kembali fungsi dari sungai itu sendiri," katanya.

Cagah pendangkalan dan banjir, Jasa Tirta Normalisasi Kalimalang Bekasi dengan menggunakan satu excavator amphibi
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News