Bulog Cianjur Pastikan Ketersediaan Beras Aman Saat Iduladha 2024

Jumat, 07 Juni 2024 – 08:20 WIB
Bulog Cianjur Pastikan Ketersediaan Beras Aman Saat Iduladha 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cadangan beras. Foto (ilustrasi): Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Bulog Cianjur memastikan ketersediaan stok beras aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Hari Raya Iduladha 2024. Saat ini tersedia stok beras hingga 2.300 ton di gudang Bulog Cianjur.

Kepala Bulog Cianjur Renato Horison mengatakan, pihaknya masih melakukan pengadaan beras meskipun musim panen sudah lewat termasuk menampung gabah dari petani.

"Untuk tiga bulan ke depan stok beras yang tersimpan di gudang Bulog Cianjur sangat aman untuk menutupi kebutuhan warga, bahkan musim panen sudah usai kami masih menampung dan melakukan pengadaan beras," kata Renato dikutip Jumat (7/6).

Renato menyebutkan, selama enam bulan terakhir Bulog Cianjur sudah menyerap kurang lebih 8.900 ton beras dari petani lokal asal Cianjur dan Sukabumi dengan target serapan 10 ribu ton.

Dia menuturkan, seiring melimpahnya stok di gudang Bulog Cianjur berdampkan pada harga beras di pasaran menjadi turun. Bahkan penurunan harga di pasar dipengaruhi penyaluran bantuan pangan pemerintah oleh Bulog selama beberapa bulan terakhir.

"Bantuan pangan yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mengurangi pembelian selama 14 hari, sehingga dapat menekan kenaikan harga beras di pasaran karena pemakaian rendah," katanya.

"Sekitar 2.770.790 kilogram beras akan dibagikan pada 277.079 KPM di seluruh wilayah Cianjur secara serentak pada bulan Juni, ini merupakan bantuan tahap ketiga dan terakhir untuk Bantuan Pangan Beras yang sebelumnya sudah disalurkan April dan Mei," sambung Renato.

Dia menjelaskan, dengan melimpahnya stok beras di Cianjur, menandakan ketahanan pangan warga menjadi sangat meski saat ini masih ada ancaman El Nino, serta kondisi ekonomi global yang tidak menentu. (ant/jpnn)

Bulog Cianjur memastikan ketersediaan stok beras aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Hari Raya Iduladha 2024.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News