Ono Ajak Masyrakat Jaga Kebersihan Sungai

Rabu, 23 Maret 2022 – 22:25 WIB
Ono Ajak Masyrakat Jaga Kebersihan Sungai - JPNN.com Jabar
Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mendatangi Sungai Cikapundung untuk melihat kondisi aliran sungai yang ada di Kota Bandung. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono fokus pada pemanfaatan limbah dan ajak masyarakat menjaga kebersihan aliran sungai.

Dalam momen Hari Air Sedunia, dirinya mendatangi Sungai Cikapundung untuk melihat kondisi aliran sungai yang ada di Kota Bandung.

Dirinya menyebut, sungai tersebut yang merupakan aliran dari DAS Citarum, ia menyebut tentu belum bisa dikatakan bersih 100 persen.

“Tetapi saya apresiasi, karena saat ini masyarakat sudah secara swadaya konsisten menjaga dan membersihkan Sungai Cikapundung," ucapnya, Rabu (23/3).

Ono menyebut, ketika kesadaran masyarakat di Kota Bandung belum maksimal untuk menjaga kebersihan sungai, sehingga masih ada yang dengan sembarangan membuang sampah dan limbah ke sungai.

“Kami butuhkan kesadaran masyarakat, dan menjadikan sungai sebagai halaman depan yang bersih, asri dan jernih, cita-cita sih bisa seperti air di pegunungan yang jernih banget jadi ikan-ikannya juga kelihatan," terangnya.

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat ini berharap, sungai Cikapundung bisa menjadi daya tarik masyarakat di luar Kota Bandung, agar bisa menjadi destinasi wisata.

"Terkait sungai, ada dua dirjen yang berhubungan langsung, yakni Dirjen DAS daerah aliran sungai Cikapundung ini merupakan anak sungai dari Citarum, dimana mempunyai program bagaimana pengendandalian DAS termasuk permasalahan sungainya," ujarnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mendatangi Sungai Cikapundung untuk melihat kondisi aliran sungai yang ada di Kota Bandung
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News