Pemkab Bogor Kerahkan Tim Khusus Untuk Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Layak Konsumsi

Kamis, 30 Mei 2024 – 15:30 WIB
Pemkab Bogor Kerahkan Tim Khusus Untuk Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Layak Konsumsi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi hewan kurban. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Menjelang Hari Raya Iduladha Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor, tengah masif melakukan pengecekan kesehatan hewan ke sejumlah peternakan dan lapak pedagang yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan kurban agar terbebas dari penyakit menular, serta mengantisipasi ditemukannya kasus penyakit menular pada hewan yang disebabkan oleh infeksi Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) atau penyakit kulit berbenjol pada hewan, PMK dan antraks yang menyerang hewan ternak khususnya sapi dan kerbau.

Sebagaimana diketahui, pengawasan pengecekan hewan kurban dilakukan sejak H-30, H-1 hingga hari H Hari Raya Iduladha dengan melibatkan seluruh tim Diskanak Kabupaten Bogor.

Ketua Tim Kesehatan Masyarakat Veteriner, Diskanak Kabupaten Bogor, Hardy Herdiawan menjelaskan tim petugas kesehatan hewan Diskanak Kabupaten Bogor bersama tim dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Bogor telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke lapak-lapak hewan kurban di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Hal itu guna memastikan hewan kurban sehat, layak konsumsi dan terbebas dari infeksi LSDV.

“Alhamdulilah kami sudah lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban, jika yang lulus pemeriksaan hewan kurban tersebut kami beri label atau stiker layak jual, layak untuk dikurban dan layak konsumsi juga disertai bukti adanya Surat Keterangan Kesehatan Hewan Qurban (SKK HQ),” ujar Hardy.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk membeli dan memilih hewan kurban sehat yang sudah diperiksa oleh dokter hewan/petugas Diskanak dengan bukti adanya SKK HQ.

“SKK HQ ini sebagai bukti hewan kurban tersebut lulus uji kesehatan oleh dokter atau petugas pemeriksa kesehatan hewan. Sehingga baik penjual dan pembeli merasa tenang dan tidak perlu khawatir karena sudah dipastikan hewan kurban tersebut sehat bebas penyakit menular,” jelasnya.

Menjelang Iduladha, Pemkab Bogor melalui Diskanak tengah masif melakukan pengecekan kesehatan hewan ke sejumlah peternakan dan lapak pedagang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News