Dinas Pertanian Prediksi Hewan Kurban yang Masuk Kabupaten Bekasi di Tahun Ini Mencapai 27 Ribu Ekor

Jumat, 24 Mei 2024 – 15:30 WIB
Dinas Pertanian Prediksi Hewan Kurban yang Masuk Kabupaten Bekasi di Tahun Ini Mencapai 27 Ribu Ekor - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Hewan kurban. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memproyeksikan jumlah hewan kurban yang masuk ke daerah itu pada momentum Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah naik lima persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Prediksi kami tahun ini akan mengalami kenaikan jumlah hewan kurban yang masuk ke Kabupaten Bekasi, ditaksir mencapai lima persen," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwian Wahyudiharto.

Ia mengatakan proyeksi kenaikan itu mengacu pada tren peningkatan jumlah hewan kurban yang masuk ke Kabupaten Bekasi dalam beberapa tahun terakhir meski dalam momentum terjadi inflasi daerah.

"Inflasi tidak berdampak karena memang jumlah hewan kurban yang masuk selalu naik tiap tahun. Ini menandakan daya beli masyarakat Kabupaten Bekasi tinggi sehingga menjadi salah satu tujuan favorit kedatangan hewan kurban dari luar kota," katanya.

Dwian mencatat sedikitnya 26.000 hewan kurban masuk wilayah Kabupaten Bekasi pada musim kurban tahun 2023. Jumlah itu terdiri atas 12.000 ekor sapi, 7.000 kambing, serta 7.000 domba.

Hewan-hewan kurban tersebut kebanyakan berasal dari peternak di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta Lampung.

"Sementara untuk sapi, kambing, dan domba lokal perkiraan hanya di kisaran 10-15 persen saja. Kalau ditaksir, ada 27.000-an lebih hewan kurban yang masuk ke Kabupaten Bekasi tahun ini, sebagian sudah masuk," katanya.

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi menyikapi kenaikan jumlah hewan kurban yang masuk ke wilayah itu melalui pengawasan intensif untuk memastikan seluruh hewan terhindar dari penyakit seperti PMK dan LSD hingga layak dijadikan hewan kurban sesuai syariat.

Pemkab Bekasi memprediksi jumlah hewan kurban yang masuk ke daerah itu di Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah naik lima persen atau berjumlah 27 ribu ekor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News