Menyelisik Masjid Tertua di Kota Depok yang Sudah Berdiri Sejak 1828

Rabu, 23 Maret 2022 – 12:55 WIB
Menyelisik Masjid Tertua di Kota Depok yang Sudah Berdiri Sejak 1828 - JPNN.com Jabar
Masjid Jami Al-Istiqomah di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Masjid Jami Al-Istiqomah merupakan masjid tertua yang ada di Kota Depok.

Berdasarkan cerita turun-temurun warga sekitar, masjid yang berlokasi di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas itu sudah berdiri sejak 1828.

Salah satu pengurus DKM Masjid Jami Al-Istiqomah Gandi mengatakan masjid itu dibangun oleh H. Djasim bin Sainun Syeh Maqnum Al-Fatah, yang diyakini merupakan salah satu keturunan Sunan Gunung Jati.

“Masjid ini bisa menampung kurang lebih 1.000 jemaah,” ucapnya saat ditemui JPNN.com, Rabu (23/3).

Anak dari Ketua DKM pertama Masjid Jami Al-Istiqomah ini mengungkapkan, Djasim merupakan warga lokal dan penyebar agama Islam pertama di kawasan Mampang, Kota Depok.

Namun, sayangnya, keaslian bangunan dari masjid yang memiliki dua lantai itu sudah tak dapat dipertahankan lagi lantaran termakan usia.

Masjid yang didominasi dengan warna putih dan hijau tersebut juga sudah mengalami beragam renovasi, demi menjaga masjid tetap berdiri kokoh.

Gandi bercerita masjid yang berlokasi tepat di perempatan Mampang Depok itu pertama kali direnovasi pada 1982.

Menyelisik masjid tertua di Kota Depok yang sudah berdiri sejak tahun 1828, di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News