Cegah Kecelakaan Maut Study Tour Terulang, Bus Pariwisata Wajib Jalani Ramp Check

Senin, 20 Mei 2024 – 15:30 WIB
Cegah Kecelakaan Maut Study Tour Terulang, Bus Pariwisata Wajib Jalani Ramp Check - JPNN.com Jabar
Proses ramp chcek bus yang akan digunakan oleh sekolah. Foto : Source for jpnn

jabar.jpnn.com, DEPOK - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok bersama Dishub menggelar ramp check bagi bus yang akan membawa penumpang ke luar kota.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat membawa siswa karyawisata ataupun study tour.

Pada hari ini, pihaknya melakukan ramp chechk kepada bus yang akan digunakan oleh SMP IT Darul Barokah, Kota Depok.

Kasatlantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan fisik kendaraan hingga kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Dalam pemeriksaan ini, petugas memeriksa berbagai aspek teknis dari bus pariwisata. Termasuk rem, lampu, dan kondisi umum kendaraan,” ucapnya.

Dirinya menyebut kegiatan ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan, khususnya yang melibatkan kendaraan pariwisata.

“Ramp check ini bertujuan memastikan bahwa semua bus yang beroperasi memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan dan siap untuk digunakan mengangkut penumpang dengan aman dan nyaman,” tuturnya.

Bagi bus yang tidak memenuhi standar keselamatan, maka akan diberikan peringatan hingga pencabutan izin operasional jika tidak segera diperbaiki. (mcr19/jpnn)

Demi mencegah kecelakaan maut SMK Lingga Kencana terulang kembali, saat ini bagi kendaraan yang akan digunakan untuk study tour harus melakukan ramp check

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News