Walah! Serapan Anggaran DPUPR Kabupaten Bogor Terendah Dibandingkan Dinas Lain

Rabu, 15 Mei 2024 – 08:30 WIB
Walah! Serapan Anggaran DPUPR Kabupaten Bogor Terendah Dibandingkan Dinas Lain - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menyoroti kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang diniali lamban soal penyerapan anggaran.

Ia bahkan mendatangi langsung kantor DPUPR Kabupaten Bogor.

"Kehadiran saya untuk melakukan tugas sekaligus monitoring, dan evaluasi terhadap pelaksanaan biaya dan kegiatan di perangkat daerah," kata Suryanto.

Menurut dia, setiap perangkat daerah perlu mengoptimalkan pelaksanaan program kegiatan dalam hal memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. 

"Seperti yang diketahui fungsi pemerintah adalah memberikan pelayanan, melaksanakan pembangunan, melakukan pemberdayaan dan melakukan pengaturan yang optimal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat," tuturnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor Mely Kamelia mengungkapkan DPUPR merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) paling lamban dalam menyerap anggaran.

Kemudian, OPD lainnya yang juga lamban dalam merealisasikan anggaran yaitu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Realisasi belanja daerah dalam APBD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2024 hingga 5 April baru mencapai 17,38 persen atau Rp1,82 triliun dari total anggaran Rp10,52 triliun.

Jadi dinas dengan serapan anggaran terendah, kinerja DPUPR disorot Sekda Kabupaten Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News