Begini Imbauan Ma’ruf Amin untuk Masyarakat Menjelang Ramadan

Selasa, 22 Maret 2022 – 19:30 WIB
Begini Imbauan Ma’ruf Amin untuk Masyarakat Menjelang Ramadan - JPNN.com Jabar
Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (22/3). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Menjelang Ramadan 2022, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan.

Ma’ruf mengatakan, saat ini situasi pandemi Covid-19 terbilang sudah mulai menurun dan terkendali. Apalagi sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengatur kegiatan ibadah di masa pandemi, sudah ada pelonggaran.

“Pandemi sudah mulai turun dan terkendali dan semua sudah dibuka serta tidak ada lagi karantina, maka tempat ibadah mulai diberikan kelonggaran,” kata Ma’ruf dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Al Ittifaq, Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (22/3).

Ma’ruf menambahkan, kendati dalam fatwa MUI sudah diizinkan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan dengan saf rapat, namun penggunaan masker dan mencuci tangan juga harus tetap dilakukan. Selain itu, vaksinasi dosis pertama dan dua, serta booster juga didorong untuk terus ditingkatkan.

“Ada fatwa MUI untuk menyelenggarakan seperti biasa dan memang masih harus menaati prokes menggunakan masker dan mencuci tangan, juga sudah vaksinasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan fatwa MUI terkait pelaksanaan ibadah dalam masa pandemi Nomor: Kep-28/DP-MUI/III/2022 menyatakan, “untuk mencegah penularan wabah COVID-19, penerapan physical distancing saat shalat jamaah dengan cara merenggangkan saf hukumnya boleh, shalatnya sah dan tidak kehilangan keutamaan berjamaah karena kondisi tersebut sebagai hajat syar’iyyah.”

Perkembangan kondisi terakhir, MUI menilai berdasarkan kebijakan Pemerintah, status hajah syariyyah yang menyebabkan adanya rukhshah sudah hilang. Dengan demikian, pelaksanaan salat jemaah dilaksanakan dengan kembali ke huum asal yaitu dengan merapatkan dan meluruskan saf (barisan). (mcr27/jpnn)

Wapres Ma'ruf Amin mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengetatkan prokes dalam menjalankan ibadah Ramadan 2022.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News