Kakorlantas Polri: Lokasi Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana Blackspot!

Minggu, 12 Mei 2024 – 16:00 WIB
Kakorlantas Polri: Lokasi Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana Blackspot! - JPNN.com Jabar
Kontur jalan menurun di lokasi kejadian kecelakaan bus terguling di jalur wisata Ciater, Kabupaten Subang, yang menewaskan 11 penumpang pada Sabtu (11/5) malam. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, SUBANG - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan bahwa lokasi kecelakaan maut bus terguling yang menewaskan 11 orang di jalur wisata Ciater, Kabupaten Subang, adalah jalur blackspot. 

Artinya, kecelakaan yang dialami bus pariwisata Trans Putera Fajar ini bukanlah yang pertama kali terjadi dan di sana rawan kecelakaan. 

"Betul, ini (lokasi) adalah blackspot, artinya sering terjadi kecelakaan di sini," kata Aan di lokasi, Minggu (12/5). 

Aan menuturkan, polisi akan melakukan identifikasi hingga rapat kordinasi untuk membahas kondisi jalan di mana dari identifikasi itu, akan dibuat rekomendasi terkait upaya antisipasi kecelakaan di jalur blackspot tersebut. 

"Kemudian kami nanti ada FGD setelah ini, setelah olah TKP, setelah penyelidikan ada FGD, nanti kami akan memberikan rekomendasi, ya rekomendasi termasuk salah satunya masalah rekayasa lalulintas, penambahan rambu," ujar Aan.

"Atau mungkin seperti (tanjakan) Emen, ada diperlebar dan sebagainya. Itu semua akan kami tuangkan di fokus grup diskusi, sehingga kami berikan rekomendasi kepada pemerintah untuk masalah jalan ini," lanjutnya.

Sebelumnya, Aan mengungkapkan, tidak ditemukan jejak rem di lokasi kejadian.

Tidak adanya jejak rem dari bus yang terguling tersebut menurut dia, harus diselidiki lebih lanjut. Selain rem blong, menurutnya ada kemungkinan pengemudi panik saat peristiwa maut itu terjadi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkap bila lokasi kecelakaan bus terguling di jalur wisata Ciater, Subang, merupakan blackspot atau rawan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News