Sepanjang 2024 Belasan Ribu Penduduk Urban Tinggal di Kota Depok

Senin, 22 April 2024 – 09:30 WIB
Sepanjang 2024 Belasan Ribu Penduduk Urban Tinggal di Kota Depok - JPNN.com Jabar
Ilustrasi urbanisasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, mencatat selama periode Januari hingga Maret 2024 ada 18.978 penduduk yang pindah untuk datang ke Depok. 

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengatakan selain pindah datang, ada pula 11.621 penduduk melakukan pemindahan keluar dari Kota Depok. 

"Dalam rentang waktu tersebut, tercatat 18.978 penduduk yang pindah datang ke Depok, sedangkan 11.621 penduduk melakukan pemindahan keluar dari Kota Depok," ucapnya.

Nuraeni menjelaskan bahwa data yang disampaikan merupakan data de jure, yang berarti secara administratif kependudukan, individu tersebut telah mengurus kepindahannya ke Disdukcapil Kota Depok. 

Sementara untuk data non-permanen, hingga Januari-Maret 2024, terdapat 3.285 individu yang terdaftar melalui link pendaftaran penduduk nonpermanen.

Dirinya berharap penduduk nonpermanen yang telah lama tinggal di Depok dapat segera mengajukan proses pindah sesuai dengan domisili mereka.

“Sehingga, data registrasi dari Disdukcapil dapat sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS)," kata Nuraeni.

Dia mengimbau sesuai dengan arahan Wali Kota bahwa penduduk yang pindah ke Depok sebaiknya telah memiliki tempat tinggal dengan alamat yang jelas, pekerjaan tetap, serta aset kepemilikan rumah.

Disdukcapil Depok mencatat pada periode Januari hingga Maret 2024, terdapat 18.978 warga yang pindah dan datang ke Depok
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News