Mudik 2024: Urai Kemacetan di Jalur Selatan, Polisi Lakukan Kanalisasi Jalan

Senin, 08 April 2024 – 14:15 WIB
Mudik 2024: Urai Kemacetan di Jalur Selatan, Polisi Lakukan Kanalisasi Jalan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Pengendara motor melintas di Cikaledong - Nagreg, Kabupaten Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung malam tadi melakukan strategi kanalisasi dengan memisahkan kendaraan roda empat dengan dua untuk mengurai kemacetan lalu lintas menuju jalur Nagreg di Kabupaten Bandung.

Skema kanalisasi dilakukan pada Minggu (7/4) selama satu jam, sejak pukul 22.00 WIB hingga 23.00 WIB.

“Salah satu cara bertindak yang kami lakukan adalah kanalisasi. Di mana ini merupakan bentuk responsive kami terhadap kondisi lalu lintas di jalan,” kata Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom, dikutip Senin (8/4).

Anom menyebut, pelaksana kanalisasi akan berlangsung sepanjang arus mudik hingga arus balik, dan akan diberhentikan saat kondisi jalan sudah benar-benar landai dan arus balik sudah selesai.

“Di mana apabila antrean sudah tertib, Insya Allah utuk arus pun akan jauh lebih lancar. Malam ini (kemarin) kami coba sosialisasikan dan kami tunggu hasilnya sampai dengan arus cukup mencari di sekitaran Nagreg,” jelasnya.

Anom menerangkan, implementasi kanalisasi ialah lajur paling kiri akan dialokasikan khusus untuk kendaraan roda dua, kendaraan roda empat diarahkan untuk menggunakan lajur tengah, sementara lajur paling kanan akan diperuntukan bagi kendaraan berat dan bus.

“Kanalisasi dilakukan pada saat kondisi memang dibutuhkan, seperti contohnya saat ada sedikit tren kenaikan (volume kendaraan), maka kami coba lakukan kanalisasi karena jumlah pemotor atau roda dua cukup meningkat,” ungkapnya.

Selain melakukan strategi kanalisasi, Polresta Bandung juga berupaya untuk mencegah kemacetan dengan cara melakukan pengalihan arus di Jalur Nagreg, hingga H-1 Lebaran 2024.

Polisi malam tadi melakukan strategi kanalisasi dengan memisahkan kendaraan roda empat dengan dua untuk mengurai kemacetan lalu lintas menuju jalur Nagreg.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News