Dishub Sukabumi Periksa Kelayakan Armada Bus Jelang Musim Mudik Lebaran

Selasa, 02 April 2024 – 08:00 WIB
Dishub Sukabumi Periksa Kelayakan Armada Bus Jelang Musim Mudik Lebaran - JPNN.com Jabar
Terminal KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Jawa Barat. Foto: Antara

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menggelar uji kelayakan armada bus yang berada di Terminal Tipe KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Jawa Barat untuk memastikan kelayakan kendaraan umum yang digunakan untuk mudik lebaran.

"Uji kelayakan ini untuk memastikan seluruh angkutan lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 H benar-benar layak beroperasi," kata Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Sukabumi Endro.

Menurut Endro, sebelumnya atau pada H-14 Idulfitri 1445 H pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan otomotif (PO) bus yang beroperasi di wilayah Kota Sukabumi untuk memastikan kesiapan perusahaan dalam melayani pemudik pada arus mudik dan balik lebaran.

Adapun pemeriksaan yang dilakukannya mulai unsur administrasi seperti kelengkapan surat kendaraan, unsur teknis utama yang diantaranya meliputi sistem pengereman dan penerangan, kemudian unsur teknis penunjang seperti memiliki kaca spion, klakson dan alat pemadam api ringan.

"Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya suatu kekurangan pada kendaraan maka kami akan berkoordinasi dengan pihak terminal agar kendaraan tidak dioperasionalkan sebelum melakukan perbaikan demi menjaga keselamatan," tambahnya.

Endro mengatakan untuk jenis kendaraan tidak layak operasi antara lain rem tidak berfungsi, ada kebocoran mesin, lampu tidak berfungsi dan lainnya.

Namun untuk saat ini, belum ditemukan adanya armada angkutan lebaran yang tidak layak operasi.

Pemeriksaan tidak hanya pada armada bus saja, tetapi juga kepada pengendara (sopir) maupun kernet.

Dishub Kota Sukabumi menggelar uji kelayakan armada bus yang berada di Terminal Tipe KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Jawa Barat
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News