Waspada Kenaikan Kasus Flu Singapura, Dinkes Depok Beberkan Gejala dan Penularannya

Senin, 01 April 2024 – 20:00 WIB
Waspada Kenaikan Kasus Flu Singapura, Dinkes Depok Beberkan Gejala dan Penularannya - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Penyakit flu singapura atau Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) kini tengah merebak di Kota Depok terutama di kalangan anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Marry Liziawati mengatakan masyarakat perlu mengenali gejalanya agar dapat mengantisipasi penularan penyakit tersebut. 

"Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dari famili enterovirus. Sering menyerang anak di bawah usia 5-10 tahun, bahkan dapat menyerang bayi," ucapnya.

Mary menjelaskan gejala yang biasa muncul, yakni demam, batuk, timbul bintik merah disekitar rongga mulut, tidak nafsu makan, dan nyeri perut. 

Gejala lainnya adalah radang tenggorokan, ruam yang tidak terasa gatal dan disertai lepuhan di telapak tangan, telapak kaki, dan bokong. 

Dia mengatakan bahwa flu singapura dapat menular melalui berbagai cairan dalam tubuh, sehingga perlu diwaspadai penularannya. 

"Ini dapat menular melalui ingus, ludah, dahak, serta tinja dan feses,” tuturnya.

Sehingga, pihaknya masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Marry Liziawati jelaskan gejala dan penularan flu singapura. Simak penjelasan lengkapnya di sini
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News