Korlantas Polri Prediksikan Bottleneck di Ruas Tol Ini Jadi Biang Kemacetan

Minggu, 31 Maret 2024 – 21:00 WIB
Korlantas Polri Prediksikan Bottleneck di Ruas Tol Ini Jadi Biang Kemacetan - JPNN.com Jabar
Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan seusai Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Suwadi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (31/3). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Korlantas Polri memetakan titik-titik kemacetan atau kepadatan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2024.

Adapun puncak arus mudik tahun ini di Jabar diprediksi terjadi pada 6 -9 April 2024. Kendaraan baik roda dua atau empat akan memadati jalanan arteri maupun akses tol. 

Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, Provinsi Jawa Barat dipastikan menjadi tujuan utama para pemudik karena mayoritas masyarakat Jabodetabek yang mudik ke arah timur akan melintasi daerah ini. 

Di jalan tol, kata Aan, akan ada beberapa bottleneck atau penyempitan akses kendaraan.

Misalnya di kilometer (KM) 152 yang merupakan pertemuan akses tol Cipali dan Cisumdawu.

Kemudian ada di KM 48 yang mempertemukan akses tol jalan layang MBZ dengan jalan yang sudah ada. Selain itu ada juga di KM 87 Cipali yang diprediksi menjadi titik kemacetan.

"Selain bottleneck juga rest area ini masih menjadi potensial terjadinya pelambatan, ini oleh Pak Kapolda sudah dipetakan dan sudah menyiapkan cara bertindak yang akan dilakukan, dari mulai contraflow, one way, sampai nanti akan menerjunkan tim urai," kata Aan seusai Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Suwadi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (31/3). 

Untuk tim urai, lanjut Aan, akan dibantu dari Korlantas di mana menggunakan kendaraan operasional serta menurunkan para polwan agar bisa memberikan imbauan kepada pemudik yang berpotensi menimbulkan kemacetan di jalan tol. 

Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memetakan sejumlah ruas jalan tol dan arteri yang berpotensi mengalami kemacetan saat arus mudik Lebaran 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News