Ini Tiga Anjuran Sunah di Malam Nisfu Syakban

Kamis, 17 Maret 2022 – 21:50 WIB
Ini Tiga Anjuran Sunah di Malam Nisfu Syakban - JPNN.com Jabar
Ilustrasi malam Nisfu Syaban.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dalam Islam, ada salah satu malam yang dimuliakan yakni malam Nisfu Sya’ban. Malam istimewa ini jatuh pada malam ke-15 di bulan Sya’ban.

Malam Nisfu Sya’ban juga kerap menjadi penanda akan datangnya bulan suci Ramadan.

Sebagimana berlaku umum, waktu-waktu mulia dalam Islam yang dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunnah, salah satunya ada di malam Nisfu Sya’ban.

Dalam kitab Qalyubi wa Uamirah dijelaskan untuk disunahkan menghidupkan malam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, dengan berzikir dan salat, khususnya Salat Tasbih.

“Sekurang-kurangnya adalah mengerjakan salat Isya berjamaah dan membulatkan tekad untuk salat Subuh berjamaah. Amalan ini juga baik dilakukan di malam Nisfu Sya’ban, awal bulan Rajab, dan malam Jumat, karena pada malam-malam tersebut doa dikabulkan,” tulis ktab Qalyubi wa Uamirah sebagaimana dikutip dari website resmi Nadhlatul Ulama (NU) Online.

Berikut tiga anjuran sunah yang bisa dilakukan di malam Nisfu Sya’ban:

1. Memperbanyak doa.

Anjuran ini didasarkan pada hadist riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu, kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR al-BAihaqi)

Menjadi salah satu malam yang dimuliakan Allah SWT, ini tiga anjuran yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syakban.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News