Ratusan Umat Hindu di Kota Depok Rayakan Galungan-Kuningan

Minggu, 10 Maret 2024 – 17:05 WIB
Ratusan Umat Hindu di Kota Depok Rayakan Galungan-Kuningan - JPNN.com Jabar
Ratusan umat hindu saat melakukan prosesi sembahyang dalam rangka Perayaan Hari Raya Galungan-Kuningan di Pura Prajapati Purna Pralina. Foto : Diskominfo.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ratusan Umat Hindu melakukan prosesi sembahyang dalam rangka Hari Raya Galungan-Kuningan di Pura Prajapati Purna Pralina, Jalan Akses UI Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Mereka merayakan Hari Raya Galungan-Kuningan dengan penuh sukacita.

Ketua Banjar Pura Prajapati Purna Pralina, I Nyoman Gede Agus Asrama mengatakan, kegiatan hari ini merupakan momentum bagi umat Hindu yang dimaknai sebagai kemenangan Dharma.

Hari Kuningan selalu dirayakan 10 hari setelah Hari Galungan. 

"Selama 10 hari kemarin, umat Hindu diberikan waktu untuk memelihara diri dalam rangka menegakkan Dharma (kebenaran) itu sendiri," ucapnya, Minggu (10/3).

Pada kesempatan itu, dia menekankan konsep Tri Hita Karana kepada umat Hindu di sana.

Yaitu senantiasa menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.

"Rangkaian ibadah ini merupakan wujud bakti kita kepada tuhan dalam penghormatan makhluk ciptaan tuhan, pada lingkungan, dan manusia itu sendiri," ujarnya.

Ratusan unat hindu merayakan Hari Raya Galungan-Kuningan dengan penuh suka cita
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News