Jasa Tirta II Dukung Masyarakat Lembang Olah Sampah Domestik dan Limbah Ternak

Kamis, 07 Maret 2024 – 14:37 WIB
Jasa Tirta II Dukung Masyarakat Lembang Olah Sampah Domestik dan Limbah Ternak - JPNN.com Jabar
Jasa Tirta II mendukung kegiatan kelompok masyarakat Lembang untuk mengolah sampah domestik dan limbah ternak. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Jasa Tirta II mendukung penuh kegiatan kelompok masyarakat di Kampung Areng, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang yang mengolah sampah domestik dan limbah ternak sapi perah menjadi energi baru terbarukan dan produk pupuk.

Dua kelompok yang dibina, yakni Kelompok Masyarakat Bakti Saluyu dan Kelompok Masyarakat Karya Ibu.

Sarana pengolahan sampah domestik dan limbah ternak berupa biogas diresmikan oleh Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Indriani Widiastuti, dan dihadiri oleh perwakilan Kecamatan Lembang dan Kepala Desa Cibodas serta jajaran Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Jasa Tirta II.

Sampah rumah tangga organik biogas dimanfaatkan untuk pakan maggot (budidaya maggot).

Kemudian, maggot tersebut diolah menjadi pelet dan pur untuk pakan ikan dan ayam kampung. Sampah non-organik atau plastik juga diolah menjadi barang-barang yang bisa dimanfaatkan.

Selain itu, masyarakt juga dibina untuk mengolah limbah ternak menjadi energi baru terbarukan biogas yang dapat dimanfaatkan sebagai gas secara gratis untuk memasak.

Nantinya, ampas biogas bisa dimanfaatkan untuk pakan cacing, pupuk organik dan pelet ikan.

Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Indriani Widiastuti mengatakan, bahwa Jasa Tirta mendukung penuh kegiatan yang berfokus pemberdayaan masyarakat sehingga memberikan manfaat sosial, lingkungan dan ekonomi bagi masyarakat.

Jasa Tirta II mendukung kegiatan kelompok masyarakat Lembang untuk mengolah sampah domestik dan limbah ternak
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News