BPBD Jabar: Angin Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Bandung dan Sumedang

Kamis, 22 Februari 2024 – 12:00 WIB
BPBD Jabar: Angin Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Bandung dan Sumedang - JPNN.com Jabar
Sejumlah kios di sepanjang Jalan Raya Rancaekek, Kabupaten Bandung, mengalami rusak parah setelah diterjang angin puting beliung pada Rabu (21/2). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat sebanyak 151 rumah mengalami rusak berat akibat terjangan angin puting beliung di Bandung-Sumedang pada Rabu (21/2) sore. 

Bangunan yang mengalami rusak parah berada di wilayah Kabupaten Bandung. 

Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan, berdasarkan pendataan oleh petugas di lapangan, sampai dengan Kamis (22/2) pukul 07.15 WIB, ada lima kecamatan di Sumedang dan Bandung yang terdampak angin puting beliung. 

Lima kecamatan itu di antaranya Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung yang berada di Kabupaten Sumedang dan Kecamatan Rancaekek, Cicalengka, dan Cileunyi di Kabupaten Bandung. 

Hadi memaparkan, sebanyak 13 bangunan pabrik terdampak angin puting beliung dan 10 unit rumah mengalami rusak kategori sedang. 

Sementara itu, di Kabupaten Bandung cukup banyak bangunan yang terdampak. 

"Sebanyak 18 bangunan pabrik dan toko terdampak, 233 unit rumah rusak ringan, 119 rumah rusak sedang, dan 151 rumah rusak berat," kata Hadi dalam keterangannya. 

Adapun data dampak kerusakan bangunan masih terus diperbarui dan bersifat sementara. 

BPBD Jabar melaporkan ratusan rumah di Sumedang dan Kabupaten Bandung mengalami rusak akibat angin puting beliung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News