Dihadapan Luhut, Ridwan Kamil Sampaikan Perkembangan IPAL Citarum Harum

Selasa, 15 Maret 2022 – 21:00 WIB
Dihadapan Luhut, Ridwan Kamil Sampaikan Perkembangan IPAL Citarum Harum - JPNN.com Jabar
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam kunjungannya meninjau Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Selasa (15/3). (Foto: Biro Adpim Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan perkembangan program Citarum Harum kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan kerjanya.

Ridwan Kamil bersama Luhut mengunjungi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Selasa (15/3).

Empat tahun berlalu semenjak Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum ditandatangi Presiden Joko Widodo.

Eks Wali Kota Bandung itu mengatakan, kehadiran IPAL dapat memberikan manfaat, tidak hanya bagi warga Bandung, tetapi juga bagi penduduk yang tinggal di wilayah cekungan Bandung.

IPAL tersebut merupakan program Citarum Harum yang limbahnya telah diolah. Sehingga ketika dibuang ke Sungai Ciatrum , sudah dipastikan bersih 100 persen.

“Walau asetnya milik kota, kebermanfaatan itu tidak hanya untuk Kota Bandung saja. In ikan wilayahnya kabupaten, maka nanti lokasi ini koordinasi gubernur harus memberi manfaat bagi lima wilayah di cekungan Bandung,” ucap Ridwan Kamil.

Ke lima wilayah tersebut adalah Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, hingga Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang.

“Sampai di Sumedang, KBB, juga nanti memanfaatkan ini,” ujarnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan progres perkembangan Citarum Harum kepada Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Begini katanya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News